Skip to main content

Instagram Stories Killed Snapchat

inget banget kata-kata Pablo Picaso "good artist copy, great artis steal". 

Belajar dari yang udah-udah kyak Yahoo yang sekarang collapse, dulu tahun 1998 Yahoo nolak mau dibeli Google sebesar $1 million, terus iseng Yahoo mau beli Google seharga $3 billion, Google bilang "kasi kita $5 billion, Yahoo bilang "No". Tahun 2008, Yahoo nolak lagi mau dibeli microsoft $40 billion, 6 taun kemudian yaitu sekarang Yahoo nyerah dan dibeli Verizon $4.6 billion.

apa yang dipelajari dari kisah Yahoo? apalagi kalo bukan kesombongan dan lemahnya inovasi. Perusahaan besar cenderung anggep remeh piyik piyik dibawahnya, Yahoo ngeliat Google, ahhh paling gada apa apanya, kemudia liat Facebook, Yahoo juga masi biasa biasa aja, sama sekali gak ngelakuin inovasi dan tetap gitu gitu aja, menganggap rendah pesaing baru yang masi piyik.

Beda sama Yahoo, liat sekarang Facebook, 5 tahun pertama dari kemunculan dia akuisisi whatsapp dan instagram, 10 tahun; teknologinya udah sampe bikin drone, bikin satelite, bikin VR dll

gamau ngalamin nasib yang serupa, Instagram yang notabene dibawah facebook(-red) pun berinovasi, karena sempet 2015-2016 pengguna instagram mulai menurun dan beralih ke snapchat.

lahirlah di bulan Agustus 2016 ini Instagram Stories dimana feature nya nyontek Snapchat, bahkan CEO nya Instagram sendiri mengakui "gak ada yang salah kan dengan nyontek inovasi?"

sama sama berhubungan dengan storytelling interface yang bakal expired dalam waktu 24 jam, yang ngebedain dengan snapchat adalah, interface snapchat agak ngebingungin, banyak banget orang yang ngeluh "gw ga ngerti make snapchat", walaupun juga uda diajarin, gak heran yang make snapchat cuma generasi2 millenia.

Instagram ambil kesempatan disaat banyak orang yang gak ngerti make snapchat dan banyak juga yg males download dan mulai dari nol, dia benerin interface nya, dia bikin semua toolnya simple dan userfriendly, di Instagram Stories ada fancy drawing yang gak ada di snapchat dan cuma ada sedikit button dan beberapa option buat share photo sama kya versi snapchat pas awal awal.

Instagram lebih unggul lagi karena dia uda punya komunitas dan a network full of active people kita gak perlu add ulang dari awal lagi, mungkin kita uda lama follow orang2 inspiratif dari berbagai belahan dunia, dan sekarang kita bisa peek into their daily lives, That’s a bombshell for Snapchat, which still has no conceivable way to find others unless you somehow know their username.

sekarang kita gak lagi cuma liat poto-poto keren, tapi juga see their real life di Instagram Stories, unfiltered human parts in between.




Comments

Popular posts from this blog

Explore Pahawang Island (Part 2)

As my promise setelah 2 bulan berlalu, ngumpulin mood dan waktu buat ngedit video Pahawang.  akhirnya jadi juga ini huft Hari terakhir di Pahawang lanjut snorkling lagi, jujur gw lupa nama spotnya apa, tapi yang jelas bukan di Penangkaran Nemo. yang paling menarik dan yang paling gw suka dari bagian snorkel di hari terahir ini adalah gw berani lepas Life Vest dan berenang indah di lautan lepas, men seriusss men ternyata ga tenggalam beneran ngambang, snorkel dari atas pun lebih asik jadi tinggal kecipak kecipuk kaki aja. Tinggal pas mau nyelam (free dive) gitu masi belom bisa banget waktunya kurang buat gw (bilang aja pengen jalan jalan lagi) Kelar snorkel melipir ke Kelagian Kecil lagi buat makan siang, santai santai manja sebelum akhirnya kita balik ke Ketapang Port buat bilas diri dan siap2 pulang menuju Bakahuni - Merak - Jakarta.

5 Tahun Kemudian

 Haloooo 5 tahun berselang setelah blog-ku terakhir. Banyak banget hal yang terjadi selama 5 tahun ini Masya Allah, sampai aku memutuskan untuk blog ini menjadi private, karena sepertinya tulisan-tulisanku terlihat tidak 'bermutu' ahahaha padahal memang aku menulis hanya untuk menumpahkan kegelisahan-kegelisahan. Banyak yang tanya Resty emosinya stabil ya, dewasa ya, hidupnya pasti enak. Ya itu kan yang tampak di permukaan aja, mana ada aku share soal penderitaan, ya cukup orang-orang terdekat aja yang mengerti. Oke disini aku gamau bahas juga soal penderitaan yang aku alami, mungkin lebih ke sharing, dan aku akan mencoba untuk lebih rasional dalam sudut pandangku mengenai suatu hal. Ya apalagi kalau bukan untuk mendokumentasikan cerita-cerita apa saja yang aku alami. Mulai darimana ya? Mari kita coba flashback apa yang terjadi selama 5 tahun ke belakang ini (semoga benar ingat 2017 Awal tahun ini aku berdoa aku pengen banget jalan-jalan entah keliling Indonesia atau keluar neg

Kapan Nikah?

KAPAN NIKAH? dulu kalo denger orang orang di tanya kya gini gw cuma bisa ketawa geli, eh terus iseng2 temen-temen nanya, eh ko makin lama makin banyak yang nanya ya, sampe sadar diri ketika temen-temen main uda pada abis karena mereka uda pada nikah semua. yang paling ganggu adalah ketika orangtua mulai nanya "Kapan Nikah?" ini ganggu banget, bukan karena risih, tapi kalo orangtua udah nanya soal ginian berati mereka serius, gw udah bukan waktunya lagi main-main, dan akhirnya gw sadar umur gw tahun ini hampir seperempat abad ... mulai kepikiranlah gw, dulu pas ditanya "Kapan Nikah?" dengan lantang gw jawab "Umur 28 ketika gw udah SIAP" sekarang? gw mikir lebih realistis, nunggu SIAP itu relatif, mungkin aja gw itu sebenernya gak akan pernah siap. Apalagi menurut gw, Jakarta bukan lah bagian dari kebudayaan Indonesia, dimana cewe umur 30 taunan belom nikah itu wajar banget, hal biasa, karena ya emang keasyikan karier atau susah nyari yang ideal,