Skip to main content

Explore Pahawang Island (Part I)

Buat kalian yang suka menikmati birunya laut beserta gugusan pulau pulau yang membentang, kalian ga bakal nyesel buat ngunjungi Pulau Pahawang di Provinsi Lampung ini.

sekarang udah banyak yah yang namanya open trip gitu di internet, jangan gampang negative thinking bilang mereka penipu, coba kroscek dulu tiap travel-nya terpercaya atau gak, liat komen-komennya, liat pengalaman orang-orang juga yang pernah ngetrip disana gimana, sesuaikan dengan budged baru deh kalian bisa nyocokin tanggal open trip yang mereka sediain. Misal kalian
 pengen jalan tapi cuma berdua aja, plus gatau akomodasi disana gimana aja, kalian cocok banget deh ikut open trip, seru banget bisa nambah2 temen. Kalo gw kemaren bareng sama temen2 berdelapan orang, ngikut Fun Trips Tour , oia kalian gausa kawatir sih sebenernya open trip itu sistemnya sama satu ama yang lain, misal kalian ikut open trip dari web A terus kuotanya ga mencukupi kalian bakal gabung juga sama travel travel dari web B, C, D ..., tenang gpp kok malah seru kan jadi nambah temen banyak :D

gw sama temen-temen start jam 7 malem dari Jakarta tepatnya naik dari terminal bayangan di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Enaknya naik dari sini kita jadi punya banyak pilihan bus ga terbatas sama yang dari kampung rambutan aja, ada yang dari periuk ada yang dari bandung dll terlebih banyak tempat kosongnya. Saran gw pilihlah bus yang langsung ke Merak yang tempat duduknya 2-2, bukan 2-3, (biasanya bus antar provinsi nih yang 2-3), karena apa? karena kalo bus provinsi kebanyakan mampir-mampir, ke Bitung nyari penumpang, ke Balaraja nyari penumpang, ke Serang nyari penumpang bisa dipastiin kalian nyampe Merak bisa 6jam sendiri, normalnya 3jam harusnya kalo ga macet.

Sampe di Pelabuhan Merak sekitar jam 10, ngopi-ngopi cantik di pinggir pantai sambil main Werewolf sembari menunggu si akang tour guide yang bakal dateng jam 2an buat nyebrangin kita ke Bakahuni.

merak
Bakahuni pukul 5 pagi, kita subuhan dulu baru cuss naik mobil sewaan mengantar kita ke Ketapang Port kira kira lama perjalanan 2-3jam, btw jangan kaget sama supir disini, mereka memiliki jiwa pembalap pengen jadi nomor 1 haha makanya ngebut banget mamennn. Kalo lagi ngebut gitu kalian boleh kok bilang sama sopirnya buat nyetir lebih hati-hati, nyawa taruhannya men.

Sampe di Ketapang sekitar jam /7 kita sarapan dulu di salah satu rumah warga yang udah koordinasi ama travelnya, makan nasi telor ama gorengan tempe uda berasa enaknya to the max, laper gilak perjalanan jauh belum makan hiks :(, pelajaran buat kalian juga jangan lupa bawa bekel biar ga kelaperan kya gw. Selesai sarapan kita ganti baju buat snorkling di Kelagian Kecil.

ketapang port
Btw kebanyakan travel agent yang ke Pahawang harga open tripnya itu belum termasuk sama google dan kaki katak, jadi kalian harus ngeluarin budged lagi, harga fullsetnya (kaki katak+google) buat 2 hari kira-kira 60rb.

view kelagian lunik
briefing dan doa sebelum memulai snorkeling
:p
on the way ke spot snorkeling

Snorkel di Cuku Bedil dari jam 9 sampe jam 12 siang, kita langsung dibawa ke penginapan kita di Pahawang Besar buat bersih bersih dan makan siang juga. Di pulau Pahawang Besar ini cuma ada 5dusun, nah kita kedapetan didusun yang jauh dari keramaian rumahnya aja masi jarang-jarang, belakang kanan kiri masi hutan so pasti ada suara monyet monyet saut sautan, tapi no worry mereka ga ganggu banget.

hay pahawang besar
abis makan siang, mandi dan beberes, kita melipir ke pantai disamping penginapan, hawanya tenang enak buat bengong :p

kelar snorkel sekitar jam 5an kita digiring ke Pahawang Kecil buat berburu sunset dan main air cantik, bisa naik banana boat atau donat, viewnya oke banget buat liat sunset, gw menyebutnya golden sunset. Check my video here:

lelah banget kan yah seharian itu, baru nyampe uda suru ganti baju terus snorkel jalan sana jalan sini, nyampe ke penginapan kita bersih bersih terus persiapan buat barbequan di pinggir pantai. Makan ikan, seruput kelapa hijau, ditemani desir ombak dan bunyi jangkrik krik krik~

sedikit info soal Pulau Pahawang yang awalnya dihuni oleh nelayan yang singgah sementara di pulau pulau lalu mulai pewe sama pulau pulau yang dihuni ini, dan mereka memutuskan untuk stay lebih lama dan membangun rumah serta berkeluarga disini. Rata-rata nelayan yang datang dari Serang atau Cilegon jadi jangan heran kalo mereka bisa basa sunda, sunda kasar tapi yah hehe... soal fasilitas di pulau ini uda mulai ada sekolah walaupun baru SD sampe SMP aja, nah soal listrik nih yang paling dicemasi sama turis domestik ala ala macem kita, disini listrik baru nyala jam 5 sore sampe jam 6 pagi, itupun pake solar atau generator gitu mereka ngidupinnya. kalo soal sinyal, telkomsel masih masuklah ya walaupun buat online jaringannya ga terlalu kenceng, IM3 jangan ditanya, No Service T.T

saran gw mah pasrah ajalah ya kalo gada sinyalpun, kalian kan emang seharusnya nikmati pemandangan disini, enjoy ur day, enjoy ur connection with you, nature and new friend :D

lanjut ke Explore Pahawang Island (Part 2) next ...

photos taken by Febrian & FIkri

Popular posts from this blog

Explore Pahawang Island (Part 2)

As my promise setelah 2 bulan berlalu, ngumpulin mood dan waktu buat ngedit video Pahawang.  akhirnya jadi juga ini huft Hari terakhir di Pahawang lanjut snorkling lagi, jujur gw lupa nama spotnya apa, tapi yang jelas bukan di Penangkaran Nemo. yang paling menarik dan yang paling gw suka dari bagian snorkel di hari terahir ini adalah gw berani lepas Life Vest dan berenang indah di lautan lepas, men seriusss men ternyata ga tenggalam beneran ngambang, snorkel dari atas pun lebih asik jadi tinggal kecipak kecipuk kaki aja. Tinggal pas mau nyelam (free dive) gitu masi belom bisa banget waktunya kurang buat gw (bilang aja pengen jalan jalan lagi) Kelar snorkel melipir ke Kelagian Kecil lagi buat makan siang, santai santai manja sebelum akhirnya kita balik ke Ketapang Port buat bilas diri dan siap2 pulang menuju Bakahuni - Merak - Jakarta.

5 Tahun Kemudian

Haloooo 5 tahun berselang setelah blog-ku terakhir. Banyak banget hal yang terjadi selama 5 tahun ini Masya Allah, sampai aku memutuskan untuk blog ini menjadi private, karena sepertinya tulisan-tulisanku terlihat tidak 'bermutu' ahahaha padahal memang aku menulis hanya untuk menumpahkan kegelisahan-kegelisahan. Banyak yang tanya Resty emosinya stabil ya, dewasa ya, hidupnya pasti enak. Ya itu kan yang tampak di permukaan aja, mana ada aku share soal penderitaan, ya cukup orang-orang terdekat aja yang mengerti. Oke disini aku gamau bahas juga soal penderitaan yang aku alami, mungkin lebih ke sharing, dan aku akan mencoba untuk lebih rasional dalam sudut pandangku mengenai suatu hal. Ya apalagi kalau bukan untuk mendokumentasikan cerita-cerita apa saja yang aku alami. Mulai darimana ya? Mari kita coba flashback apa yang terjadi selama 5 tahun ke belakang ini (semoga benar ingat 2017 Awal tahun ini aku berdoa aku pengen banget jalan-jalan entah keliling Indonesia atau keluar neg

Finally, LULUS !!!

21 Agustus kemaren jadi moment paling bersejarah dalam hidup gw, setelah 5 tahun mengenyam pendidikan di Universitas Sebelas Maret, Fakultas Sastra Seni Rupa jurusan Desain Komunikasi Visual, akhirnyaaa ..... akhirnyaaa ..... gw lulus !!! dengan gelar Sarjana Seni. Hehe sebenernya gw ni lulus dalam hitungan wajar, karena dulu pernah cuti kuliah 1 semester, terus balik kuliah lagi dan mulai dari nol, secara akademis sih gw angkatan 2008 tapi kalo dilihat gw kya angkatan 2009, karena kebanyakan mata kuliah yang ngulang hhe :p Awalnya sih dulu gw minder karena pernah cuti kuliah, jadi gak punya temen seangkatan gitu, tapi gw positive thinking aja, pasti bisa ngejar mereka kok, yakin res pasti ngejar. Akhirnya setelah gw jalanin kuliah, bener gw bisa ngejar, perlahan tapi pasti. Pernah juga gw di olok-olok karena kuliah gw berantakan, belom magang juga, belom kolokium juga, tapi gw mah sabar aja, ntar juga pasti ada bagiannya ko gw ngalamin itu. Alhamdulilah sempet magang jadi